Cara Cerdas Memperoleh Modal Bisnis Sampingan

Seorang pebisnis perlu peka terhadap peluang. Maka, pebisnis cenderung selalu optimis walaupun terdapat rintangan yang menghalangi usahanya, salah satu modal. Bisnis mana pun selalu memerlukan modal, termasuk bisnis sampingan. Penentuan besaran modal dan cara memperoleh modal menggambarkan tinggi rendahnya naluri seorang pebisnis.

Modal bisnis sampingan umumnya berasal dari tabungan pribadi atau pinjaman. Namun di era yang serba moderen dan maju, semakin banyak cara memperoleh modal usaha sampingan tanpa perlu menunggu uang terkumpul dalam waktu lama. Berikut merupakan cara cerdas memperoleh modal usaha sampingan :
  • RelasiModal bisa berasal dari maja saja, tidak selalu milik pengusaha sendiri. Relasi bisa dijadikan investor untuk usaha Anda. Alih-alih meminjam bank, Anda bisa mempertimbangkan rekan sebagai sumber modal untuk kemudian memperoleh keuntungan secara bagi hasil. Cara lainnya adalah dengan mengajal relasi tersebut untuk bekerja bersama membangun bisnis. Namun ingat, walaupun teman tetap harus ada perjanjian tertulis yang resmi untuk meminimalkan risiko kesalahpahaman kelak.
  • KompetisiDewasa ini banyak kompetisi yang menghadiahi pemenangnya dengan modal bisnis. Umumnya, kompetisi bisnis diadakan oleh CSR (corporate social responsibility) perusahaan, kementerian, dan lembaga lain yang mendukung gerakan kewirausahaan.
  • KeahlianKeahlian dapat menjadi modal dalam membangun usaha sampingan. Dimulai dari menjadikan diri sendiri sebagai atasan sekaligus karyawan, modal untuk mengekspansi bisnis bisa diperoleh.Misalnya dengan menjadi guru privat, penulis lepas, dan desainer. Semuanya tidak memerlukan modal berupa uang maupun surat izin kerja.

Banyak modal lain yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha sampingan. Pebisnis sampingan perlu pandai memantau peluang dan melaksanakan rencana bisnisnya sesegera mungkin untuk menyukseskannya.