Membuat Website untuk Pemula

Perkembangan teknologi banyak berdampak positif bagi kita yang mau memanfaatkan secara tepat.Salah satunya adalah kemudahan dalam membuat website. Bila dahulu website hanya dapat dibuat oleh kalangan yang mengerti seluk beluk pemrograman komputer, kini siapa saja bisa membuat website untuk pemula.

Website sejatinya merupakan halaman tertulis oleh teks biasa atau plain text yang dikendalikan oleh instruksi berbasis XHTML, HTML, maupun bahasa skrip. Kemudian, bahasa tersebut diterjemahkan menjadi halaman web oleh peramban web seperti yang dapat kita lihat sehari-hari.

Untungnya, membuat website tidak lagi serumit itu. Membuat website khusus pemula bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas web blog atau dikenal sebagai blog. Layanan web blog diantaranya Multiply, WordPress, Blogspot, Tumblr, dan lain-lain. Keuntungan membuat website untuk pemula melalui web blog diantaranya:
  1. Pembuat blog cukup mendaftar akun baru blog miliknya sebagaimana mendaftar pada akun sosial media lainnya, sehingga relatif mudah.
  2. Pembuatan blog tidak dipungut biaya alias gratis, sehingga pemula tidak dibebani risiko finansial dalam membuat blog. Kalaupun ingin blognya eksklusif dengan menghilangkan domain vendor, biaya yang diperlukan tidak mahal. Misalnya, blogspot.com atau wordpress.com diubah menjadi ,com saja. Biasanya, biaya pembelian domain .com, .org, .info, .biz, .govdan sebagainya berkisar delapan puluh hingga tiga ratus ribu rupiah per tahun. Ditambah sewa hosting per bulan sekitar Rp 2,500 – 90,000-an saja.
  3. Pemula tidak perlu pusing memikirkan bagaimana membuat desain web. Penyedia jasa web blog sudah menyediakan template dalam jumlah yang relatif banyak sehingga dapat dipilih sesuai dengan selera.
Jadi, membuat website untuk pemula bisa dengan memanfaatkan jasa web blog. Pemilik web blog dapat mengoptimalkannya untuk menjadi sarana menulis maupun bisnis.